3 Konsep Dasar Copywriting yang Perlu Copywriter Tahu

Pendidikan Kekinian
0

Rumah Teguh - Internet Marketing. 3 Konsep Dasar Copywriting yang Perlu Copywriter Tahu. Buat kamu yang capek dan lelah buat belajar dan menghafal formula copywriting, mungkin artikel ini akan membantumu memahami konsep dasar copywriting. Karena ketika pertama kali kita belajar copywriting biasanya akan menghafal formulanya, yang itu banyak banget dan bikin kita lelah.

Formula Copywriting (sumber: MySkill)

Jadi yakin masih mau dihafalin semua?

Karena sebenarnya kalau kalau sudah berkecimpung lama di dunia copywriting atau istilahnya sudah jadi copywriter hal itu tidak perlu - perlu banget. Sebab ada konsep dasar dari formula copywriting yang tentu saja lebih gampang untuk kita pahami.

3 Konsep Dasar Copywriting itu antara lain:

1. Hook

2. Isi / Body

3. CTA

Berikut adalah contoh maksud dari konsep copywriting tersebut

Contoh Penerpan 3 Konsep Copywriting
Contoh Penerpan 3 Konsep Copywriting (Sumber : LinkedIn - Fadhil Haqq)

Bagimana sudah paham belum maksudnya? kalau belum kita bedah satu persatu mulai dari Hook.

1. Hook

Hook fungsinya agar audiens yang sedang scrolling konten di social media, web, atau media lainnya atau sekedar lewat, dia akan berhenti dan membaca konten copywriting yang kamu buat. Hook ini simpel, tetapi justru bagian ini yang paling sudah dan paling krusial perannya sama halnya seperti Thumbnail youtube yang di buat clickbait agar orang yang melihat mengklik dan menonton videomu.

2. Isi / Body

Isi / body adalah bagian konten yang isinya pesan yang ingin kita sampaikan kepada audien. sehingga dalam membuat isi / body dalam konten copywriting usahakan dapat menjawab kegelisahan, pertanyaan atauoun ekspektasi dari audience mu.

3. CTA

CTA adalah singkatan dari Call to action, sesuai artinya fungsi dari CTA adalah untuk mengajak audiens mu melakukan sesuatu yang kamu targetnya misalnya komen, follow, diskusi, klik link, dll. Sesuai dengan tujuan dari konten copywriting yang anda buat.

Ringkasnya, Hook itu untuk membuat orang stop scrolling dan melihat konten anda, isi / body adalah pesan yang akan kamu sampaikan dan CTA adalah ajakanmu ke audiens.

Jika diperhatikan dengan teliti, semua formula copyrwiting itu akar atau ujungnya ya ada di 3 hal itu saja. Sehingga untuk yang baru atau ingin belajar copywriting bisa pahamin 3 konsep copywriting diatas tersebut.

Sepertinya sudah sampai di ujung pembahasan dari artikel 3 Konsep Dasar Copywriting yang Perlu Copywriter Tahu. Perlu dipahami bahwa tujuan fundamental dari sebuah copywriting adalah untuk menarik perhatian audience dan mengajak mereka untuk segera take action.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)